Blogspot vs WordPress, Anda Golongan Mana?

Blogspot vs Wordpress, Anda Golongan Mana

Saat ini ada banyak platform blogging yang dapat digunakan. Dua di antaranya sangat populer ada WordPress dan Blogspot. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi platform mana yang terbaik?

Bagi Anda yang bingung menggunakan platform apa yang cocok untuk memulai blog yang berpotensi bisa merajai halaman 1 google dengan SEO. Kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang perbandingan Blogspot VS WordPress. Yang pasti akan menjawab kebingungan Anda.

Blogspot vs WordPress: Penjelasan Setiap Platform

  • Blogspot

Adalah platform blogging populer yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencari terbesar, yaitu Google. Karena dimiliki oleh Google, maka fitur di Blogspot juga terhubung dengan fitur Google lainnya. Seperti Google Ads, Gmail, Drive, dan sebagainya. Blogspot sendiri pertama kali muncul pada tahun 1999, didirikan oleh Pyra Labs. Sebelum akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2002. Saat ini blogspot sangat diminati oleh orang-orang yang ingin membuat blog.

  • WordPress

Pada tahun 2003, WordPress dirilis oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sebelumnya ada b2 atau dikenal sebagai Cafelog yang merupakan asal pembuatan WordPress. Saat ini b2 / Cafelog lebih dikenal sebagai b2evolution.

WordPress terbagi menjadi dua. Yakni WordPress sebagai platform blogging (WordPress.com), dan WordPress sebagai Sistem Manajemen Konten (WordPress.org). Untuk kenyamanan, penjelasan ‘wordpress.com’ akan disingkat menjadi ‘.com’, sedangkan wordpress.org akan disingkat menjadi ‘.org’ ‘. Perbedaan mendasar antara WordPress.com dan WordPress.org adalah penyesuaian. WordPress.com digunakan untuk membuat blog dengan cepat sedangkan WordPress.org digunakan untuk membuat blog menggunakan domain dan alamat server Anda sendiri.

Blogspot VS WordPress: Hak dan Biaya kepemilikan

  • Blogspot

Untuk menggunakan blogspot, Anda harus memiliki akun email google. Selama Anda memiliki akun email Google, Anda dapat mengakses semua produk yang ditawarkan Google. Kelebihan lainnya adalah mendaftar akun google, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun. Begitu juga menggunakan Blogspot ini. Anda bebas menentukan alamat blog dengan domain tersebut. Blogspot.com gratis dan dapatkan kapasitas penyimpanan file 15 GB. Anda juga dapat mengubahsuaikan domain tanpa embel-embel. Blogspot, tetapi biaya tambahan berlaku. Sayangnya Anda memiliki kontrol terbatas ketika menggunakan blogspot.

  • WordPress

WORDPRESS.COM

Sama seperti blogspot, WordPress.com memberi Anda kesempatan untuk membuat di blog gratis. Ruang penyimpanan yang ditawarkan cukup besar, yaitu 3 GB. Anda juga dapat dengan bebas menentukan alamat blog dengan domain tersebut. WordPress.com. Tetapi seperti halnya Blogspot, Anda memiliki kontrol terbatas dalam mengelola blog Anda.

WORDPRESS.ORG

Sebenarnya WordPress.org adalah CMS (Content Management System) yang hanya dapat digunakan jika Anda memiliki server dan alamat domain Anda sendiri.

Tidak seperti WordPress.com dan Blogspot, dengan WordPress.org Anda bebas untuk membuat, memodifikasi, dan membuat semua jenis blog yang Anda inginkan. Hanya saja, untuk menggunakan WordPress.org Anda memerlukan Domain dan Hosting yang bisa Anda beli. Harga domain dan hosting bervariasi tergantung pada penyedia layanan hosting, kapasitas penyimpanan dan bandwidth, dan fitur lainnya.

Blogspot vs WordPress, Anda Golongan Mana

Blogspot VS WordPress: Keamanan

  • Blogspot

Karena Blogspot dikelola oleh Google, Blogspot bisa dibilang cukup aman untuk digunakan. Jarang ada kasus peretasan di dunia blog saat menggunakan blogspot. Hanya saja kami tidak dapat mengubahsuaikan sistem keamanan karena ini adalah default.

  • WordPress

WORDPRESS.COM

Sama seperti blogspot, keamanan WordPress.com cukup dapat diandalkan. Hanya saja tidak banyak yang bisa diubah dari WordPress.com. Seperti yang dikatakan sebelumnya, menggunakan WordPress.com hanya perlu menulis blog. Anda tidak perlu memikirkan keamanan situs web dan plugin apa yang harus dipasang. Semuanya sudah dikelola oleh WordPress sendiri.

WORDPRESS.ORG

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, WordPress.org membebaskan lebih banyak pemilik blog untuk mengamankan situs web mereka. Misalnya dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer), memasang plugin keamanan, dan sebagainya.

Anda benar-benar diberi kebebasan untuk mengelola blog Anda. Meskipun banyak kasus blog WordPress.org sering diretas, Anda tidak perlu khawatir. WordPress.org selalu membuat pembaruan rutin untuk memaksimalkan blog Anda. Yang paling penting adalah menjaga agar blog Anda tidak menginstal aplikasi atau plugin pihak ketiga yang tidak jelas.