Apa itu Screaming Frog? Dan Bagaimana Caranya?

Apa itu Screaming Frog, Dan Bagaimana Caranya

Menjalankan strategі Search Engіne Optіmіzatіon (SEO) perlu menggunakan berbagaі alat. Ketіka tіdak ada bantuan darі alat, іnі bіsa dіbіlang sulіt dіjalankan. Salah satu alat bermanfaat yang tersedіa saat іnі adalah untuk menjelajah sіtus web. Fungsі crawlіng sіtus web adalah untuk mengіndeks semua halaman dі sіtus web. Untuk dapat melakukan іnі, kіta memerlukan alat yang memіlіkі kualіtas terbaіk, salah satunya adalah perangkat lunak bernama Screamіng Frog.

Cara Menggunakan Screaming Frog

 

Sebagai perangkat lunak untuk perayapan, Screaming Frog cocok untuk digunakan oleh para aktivis SEO atau orang-orang yang ingin memeriksa bagaimana kinerja setiap halaman di situs web. Bagi mereka yang tertarik menggunakan Screaming Frog, di bawah ini adalah tutorial yang dapat Anda lakukan sekarang.

Lakukan Setting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan pengaturan terlebih dahulu. Screaming Frog memiliki standar perangkat kerasnya sendiri untuk crawling untuk memberikan hasil maksimal, yaitu 1GB RAM untuk 32-bit dan 2GB Ram untuk 64-bit. Namun untuk bisa mendapatkan kinerja yang baik, Anda harus menggunakan RAM 8GB. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasakan crash saat crawling. Untuk mengatur bagian ini, Anda dapat pergi ke bagian Konfigurasi> Sistem> Memori.

Saatnya Crawling

Sebelum crawling, Screaming Frog harus diubah ke mode Spider. Dengan begitu, proses crawling menjadi lebih optimal. Untuk mulai crawling, masukkan URL situs web yang dipilih dalam kotak dengan kata-kata Masukkan URL. Jika sudah, klik Mulai. Sekarang Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai Screaming Frog selesai crawling. Perlu diingat, untuk masalah berapa lama waktu perayapan dibutuhkan, semuanya tergantung pada situs web itu sendiri. Ada yang cepat dan ada yang sudah tua. Semakin banyak halaman di situs web, semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh Screaming Frog.

Apa itu Screaming Frog, Dan Bagaimana Caranya

 

Ada beberapa hal yang harus Anda ingat ketika crawling dengan perangkat lunak ini. Pertama, proses perayapan dapat dijeda dan dilanjutkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jadi ketika waktunya terlalu lama dan perlu dihentikan dulu, itu bisa dilakukan. Kedua, Anda tidak harus mematikan komputer / laptop Anda atau menutup Screaming Frog karena itu akan menghilangkan semua data yang telah dijelajahi. Ketiga, Anda juga dapat menyimpan hasil perayapan dan melanjutkan proses pada waktu yang berbeda. Jadi jangan takut jika Anda harus mematikan komputer / laptop yang digunakan karena hasil crawling yang belum selesai dapat disimpan.

Di luar ketiga poin ini, ada banyak jasa seo yang menggunakan fasilitas ini. Dalam Screaming Frog memiliki dua versi, satu versi gratis dan satu versi berbayar. Jika Anda menggunakan yang gratis, Anda hanya dapat crawling untuk hanya 500 URL. Jika Anda ingin mendapatkan hasil lebih banyak, Anda perlu membeli lisensi untuk mendapatkan kinerja maksimal dari perangkat lunak ini.